Pages

Wednesday, April 24, 2019

Mengenal Perbedaan Oli Sintetis dan Non-Sintetis

Liputan6.com, Jakarta - Oli atau pelumas merupakan komponen penting bagi sebuah kendaraan, baik roda empat dan roda dua. Dengan begitu, mengetahui jenis oli yang bakal digunakan bisa jadi cara yang baik untuk meningkatkan performa mobil atau motor kesayangan.

Melansir laman resmi Hyundai Indonesia, pelumas kendaraan terdiri dari beberapa jenis. Paling utama, bisa dibedakan antara yang memiliki jenis sintetis dan non-sintetis, dan tentunya secara spesifikasi juga berbeda antara kedua jenis oli tersebut. Lalu, apa beda dari keduanya?

Dimulai dari oli sintetis, adalah yang terbuat bukan dari mineral minyak bumi, namun merupakan pelumas yang terbuat dari senyawa kimia artificial atau buatan. Oli sintetis ini dibuat dari komponen yang berasal dari minyak bumi dan diproses dan dimodifikasi secara kimiawi, bukan langsung dari minyak mentah yang ditambang dari perut bumi.

Kelebihan oli sintetis yang didapat karena proses kimiawi, adalah unggul secara struktur kimia dibandingkan dengan oli biasa yaitu oli yang berbahan dasar mineral. Dikarenakan proses produksi oli sintetis yang jauh lebih kompleks dan rumit, ini menyebabkan harga oli sintetis jauh lebih mahal dibandingkan dengan oli dengan berbahan dasar mineral tersebut.

Biasanya oli sintetis memiliki nilai SAE atau viskositas yang rendah alias lebih encer. Sehingga oli jenis ini dianggap kurang cocok untuk kendaraan yang masih menggunakan mesin teknologi lama.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com kalo berita kurang lengkap buka link disamping http://bit.ly/2Zvg15a

No comments:

Post a Comment