Pages

Wednesday, April 24, 2019

Butet Kartaredjasa: Hormati Konstitusi, Jangan Main Presiden-presidenan

Liputan6.com, Jakarta - Adalah hal yang lumrah bagi Teater Gandrik mengangkat tema-tema yang sedang hangat di masyarakat, untuk kemudian diejawantahkan ke dalam medium seni pertunjukan. Itupula yang mereka lakukan saat mengangkat pementasan Para Pensiunan 2049.

Butet Kartaredjasa selaku pemain sekaligus Pimpinan Produksi pementasan tersebut, mengakui selalu ada perubahan-perubahan yang terjadi karena improvisasi dari para pemain. Sewaktu dipentaskan di Yogyakarta pada 8-9 April 2019 lalu misalnya, karena dipentaskan sebelum pilpres, maka lakon Para Pensiunan 2049 seolah ikut menyentil pemilihan umum tersebut.

"Dalam tradisi kami, selalu ada kebiasaan menginterpretasikan dengan perubahan baru, sesuai dengan situasi di luar panggung kesenian," ungkap dia saat ditemui di konferensi pers di Jakarta, Selasa (23/04).

Ia menambahkan bahwa seringnya terjadi perubahan tersebut sifatnya spontan. Semua tergantung pada kepekaan pemain tanpa mengorbankan alur yang telah diciptakan.

Terkait dengan pilpres yang menunggu hasilnya, Butet mengakui kalau situasinya kini melebihi komedi yang biasa diangkat Teater Gandrik di atas panggung. Bahkan baginya, sampai-sampai Teater Gandrik kehilangan kepercayaan diri apakah bisa lebih lucu dari kenyataan yang sedang terjadi di masyarakat.

"Seharusnya kan ya, kalau kita ini penganut konstitusi, meyakini konstitusi sebagai pedoman kehidupan bersama, hormatilah konstitusi itu," tukas dia.

Baginya, menafsirkan secara cerdas adalah apa yang dimau oleh konstitusi itu sendiri. Masyarakat seharusnya tidak bergerak di luar konstitusi.

"Ini tidak, malah jadi main presiden-presidenan," pungkas dia.

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com kalo berita kurang lengkap buka link disamping http://bit.ly/2UCA6Tp

No comments:

Post a Comment