Pages

Sunday, December 9, 2018

KPK Ajak Masyarakat Jadi Agen Perangi Korupsi, Mulai dari Diri Sendiri

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode M Syarif mengajak masyarakat ikut memerangi korupsi. Salah satu cara yang paling mudah ialah memerangi korupsi dari diri sendiri.

Dia mencontohkan cara paling mudah tidak korupsi adalah tidak menawarkan uang kepada petugas kepolisian jika terkena tilang di jalan raya. Demikian disampaikan Syarif usai menghadiri diskusi publik di Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (9/12/2018).

"Pertama sebenarnya kita ingin mengambil momen peringatan Hari Antikorupsi sedunia ini untuk memperingatkan diri kita masing-masing. Untuk semua menjadi agen antikorupsi. Wartawan, masyarakat umum, mahasiswa, murid sekolah," jelasnya.

"Misalnya di sekolah mulai sekarang dia tidak nyontek. Seperti itu. Yang kedua kalau kita berurusan dengan aparat penegak hukum jangan kita menawarkan sesuatu atau berurusan dengan regulator jangan kita yang mulai menawarkan," sambung pimpinan KPK itu.

Syarif juga mencontohkan jika warga sedang mengurus berbagai kepentingan di kantor pemerintahan, warga harus menanyakan apakah ada biaya yang harus disetorkan. Jika ada, maka harus disertai kuitansi. Ini untuk mencegah praktik suap.

"Misalnya mau urus sesuatu. Tolong, Pak kuitansinya mana? Kalau tidak memberikan kuitansi jangan mau bayar," pesannya.

Di Hari Antikorupsi Sedunia ini, KPK juga mengingatkan para aparat pemerintah untuk menjadikan momentum ini sebagai bahan refleksi diri.

"Kita berharap kepada para aparat masak kita begini-begini terus. Kita ini bukan negara miskin sebenarnya. Kita ini negara sangat sangat sangat kaya. Tapi karena mismanajemen dari puluhan tahun sampai sekarang masih seperti ini," kata Syarif.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com kalo berita kurang lengkap buka link disamping https://ift.tt/2C0oL9z

No comments:

Post a Comment