Pages

Friday, October 5, 2018

Kisah Ibu yang Diselamatkan Balita di Reruntuhan Gempa Palu

Penyelamatan diri Faiz cukup mencekam. Sang ibu, Dian (32), menceritakan saat gempa 7,4 magnitudo mengguncang dia bersama anggota keluarga lainnya, sedang berada di dalam rumah dan sontak langsung menyelamatkan diri masing-masing.

"Di rumah ada sekitar enam hingga delapan orang dan ada anak-anak kecil juga," kata Dian.

Saat gempa, bumi bergoncang, tanah terbelah, pohon, masjid dan bangunan lainnya bergerak ke samping dan atas bawah seperti gelombang air hingga akhirnya tertutup oleh tanah.

"Saat pergi menyelamatkan diri, saya berlari di bawah sudah atap rumah orang," katanya.

Dalam usaha penyelamatan dirinya tersebut, lanjut Dian, dia dan buah hatinya yang paling kecil tertimpa atap dan sempat terjebak di dalamnya. Saat itu Faiz yang berlari di depan Dian, menyadari ibundanya terjebak dan secara spontan berteriak hingga mengundang warga di sekitarnya yang turut menyelamatkan diri untuk membantu.

"Saat itu, Faiz berteriak mamanya tertinggal di bawah atap, akhirnya ada warga yang menolong adiknya dulu baru kemudian istri saya ditarik di antara sela-sela atap rumah," kata sang ayah, Ikram (32).

Siatuasi mencekam berlanjut, saat berusaha menyelamatkan diri dan kebingungan mencari arah, keluarga tersebut bersama warga lainnya selain harus menghindari bangunan roboh dan pergerakan tanah yang tak beraturan. Sambil mencari mereka harus terus berlari ke tempat aman sambil menghindari api yang berkobar di kanan-kirinya.

"Di sekeliling kami api menyala-nyala, tanah juga tidak beraturan, kami lari terus, bahkan kami sampai terbawa oleh pergerakan tanah itu dari lapangan ke arah masjid hingga ke lorong Kamboja mungkin sejauh 300 meter," ucap Ikram.

Akhirnya, keluarga tersebut berhasil menyelamatkan diri walau harus kehilangan tempat tinggal dan sanak keluarganya dari keadaan mencekam yang hanya terjadi beberapa menit namun memiliki akibat luar biasa itu.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com kalo berita kurang lengkap buka link disamping https://ift.tt/2NpnNWW

No comments:

Post a Comment