Pages

Wednesday, April 24, 2019

8 Dampak Buruk Makan Tengah Malam, Bisa Picu Obesitas

1. Menyimpan lebih banyak lemak 

Ketika peneliti memantau 31 orang dewasa yang kelebihan berat badan dan obesitas, mereka menemukan bahwa, rata-rata, mereka yang makan pada tengah malam memiliki indeks massa tubuh yang lebih tinggi dan lemak tubuh yang lebih besar daripada mereka yang makan lebih awal.

Penelitian yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan Masyarakat Endokrin, mendukung penelitian hewan selama bertahun-tahun yang menunjukkan bahwa makan malam meningkatkan penyimpanan lemak.

“Penelitian ini melibatkan sejumlah kecil subjek dan dilakukan dalam periode waktu yang kecil, tetapi hasilnya menjanjikan,” kata Cordialis Msora-Kasago, RDN, juru bicara Akademi Nutrisi dan Diet yang berbasis di Menifee, California, yang tidak terlibat dalam penelitian.

"Ini menambah bukti pada tubuh bahwa waktu makan Anda dapat berdampak pada berat dan hormonserta metabolisme Anda." Inilah sebabnya mengapa makan lewat malam hari dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

2. Menyebabkan mulas

Siapa pun yang makan terlalu larut malam apalagi makan terlalu pedas kemungkinan merasakan ketidaknyamanan mulas, rasa sakit, rasa terbakar di dada yang terkadang dapat disertai dengan rasa pahit atau asam di mulut Anda. Ini dapat terjadi ketika asam lambung terciprat kembali ke kerongkongan, menyebabkan gangguan pencernaan asam atau asam lambung.

Sekitar satu dari lima orang memiliki kondisi yang lebih serius yang dikenal sebagai GERD (gastroesophageal reflux disease), bentuk asam lambung yang tahan lama yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang berpotensi berbahaya dari waktu ke waktu.

"Siapa pun yang memiliki riwayat refluks asam atau GERD harus menghindari makan terlalu dekat dengan waktu tidur," kata Felicia Stoler, RDN, ahli gizi dan ahli fisiologi olahraga di New Jersey dan penulis Living Skinny in Fat Genes. Makan sesuatu yang menyebabkan gas atau makan terlalu cepat juga bisa menjebak udara di perut Anda dan membuat tidak nyaman, tambahnya.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com kalo berita kurang lengkap buka link disamping http://bit.ly/2IC6F29

No comments:

Post a Comment