Pages

Monday, August 20, 2018

Cuitan Netizen soal Makanan Haji, Kemenag Pastikan Bukan dari Panitia

Liputan6.com, Jakarta - Seorang netizen @zee_muthie dalam cuitannya via akun media sosial Twitter miliknya, pada Minggu pukul 07.40, curhat kepada Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Tak lupa ia juga menyertakan foto sarapan berupa nasi kuning dan mie goreng.

Cuitannya meminta kepada Menag Lukman untuk memperbaiki menu jemaah calon haji. Melalui twitter pula, Lukman menjawab, hari ini Minggu 19 Agustuss mulai pagi tadi sampai malam nanti, seluruh jemaah calon haji diarahkan menuju Arafah, bukan Mina.

"Siang ini hingga besok malam, hanya di Arafah dan bukan di Mina, makanan yang disediakan petugas haji kita," cuit Lukman, seperti dikutip dari laman www.kemenag.go.id, Senin (20/8/2018).

Rupanya, netizen tersebut belum puas dengan jawaban Lukman. Ia kembali membalas.

"Orangtua saya sedang tarwiyah di Mina. Mohon fokus dengan fakta menu makanan yang diterima. Bukan lokasi. Semoga lebih baik. Terima kasih," kata akun @zee_muthie.

Pihak Kemenag melalui akun twitter resmi @Kemenag_RI sebenarnya juga telah menjawab pertanyaan @zee_muthie tersebut.

Dijelaskan bahwa pemerintah memang tidak memfasilitasi, tapi juga tidak melarang jemaah haji tarwiyah, yakni jemaah yang pada tanggal 8 Zulhijah berada di Mina.

"Namun bagi mereka yang akan melakukan tarwiyah, pemerintah tidak melarang dengan catatan jemaah wajib lapor dan membuat surat pernyataan bertanggung jawab sendiri atas semua layanan yang diperoleh selama di tarwiyah," tutur Kepala Biro Humas Data dan Informasi Kemenag, Mastuki di kawasan Syisyah, Makkah.

Semua ini dikarenakan Pemerintah Saudi lewat peraturan hajinya tidak memasukkan tarwiyah dalam rangkaian ibadah haji. Kemenag juga menyesuaikan hal tersebut karena pelaksanaan tarwiyah bukan termasuk rukun atau wajib haji.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: 

Hujan deras dan angin kencang melanda tenda-tenda jemaah haji di padang Arafah. Meski tidak sampai menyebabkan kerusakan beberapa jemaah haji dievakuasi karena kebocoran pada tenda mereka

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com kalo berita kurang lengkap buka link disamping https://ift.tt/2PpDPSS

No comments:

Post a Comment