Pages

Thursday, May 23, 2019

KSSK Rapatkan Barisan Hadapi Kondisi Domestik Usai Pengumuman KPU

Liputan6.com, Jakarta - Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) menggelar pertemuan khusus menyikapi perkembangan situasi global dan domestik dalam beberapa hari terakhir. Pertemuan tersebut menegaskan KSSK akan terus menjaga ekonomi dalam kondisi baik ditengah berbagai gejolak yang terjadi.

Ketua KSSK Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pertemuan hari ini salah satunya menyikapi kondisi ekonomi domestik usai pengumuman hasil pemilu oleh KPU. Di mana hasil pemilu tersebut mendapat reaksi beragam dari masyarakat bahkan terjadi aksi damai disejumlah wilayah.

"Menyikapi kondisi domestik pasca pengumuman pemilu yang menimbulkan berbagai suasana dalam negeri yang perlu kita tangani," ujar Sri Mulyani saat memberi keterangan pers di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (23/5/2019).

Sri Mulyani merinci beberapa kondisi yang membuat ekonomi sempat terguncang yaitu perang dagang Amerika Serikat (AS)-China, kondisi di Timur Tengah kemudian keputusan The Fed menahan suku bunga yang memberi sentimen positif. Kondisi ini sempat membuat IHSG dan Rupiah terkapar.

"Kita mengantisipasi konsekuensi perlambatan ekonomi global dan tentu saja harga komoditas baik itu, situasi AS, Iran, harga minyak, tensi AS dan RRT yang kemungkinan memperlemah ekonomi global," jelasnya.

Sementara itu, dari sisi domestik beberapa upaya menjaga ekonomi akan terus dilakukan oleh pemerintah. "Dari sisi fiskal kita perlu melakukan peningkatan kewaspadaan terhadap pertumbuhan ekonomi sendiri baik dari konsumsi termasuk konsumsi Rumah tangga, investasi dan ekspor," jelas Sri Mulyani.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut menambahkan, dengan adanya sejumlah kondisi yang berpotensi mempengaruhi ekonomi dalam negeri, KSSK akan terus malakukan segala upaya menjaga sektor keuangan dan perekonomian.

"Sikap dari KSSK kita harus terus menjaga sektor keuangan yang strategis dan penting menjaga ekonomi Indonesia. Update ke masyarakat, bahwa kami KSSK dengan melihat perkembangan global siap menjaga stabilitas keuangan tanpa kompromi," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Let's block ads! (Why?)

from Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Indonesia dan Dunia - Liputan6.com kalo berita kurang lengkap buka link disamping http://bit.ly/2Eqjedi

No comments:

Post a Comment