Pages

Tuesday, April 2, 2019

Menengok Bandara Kufar di Timur Indonesia yang Minim Fasilitas

Dalam kesempatan serupa, Kepala Bandara Banda Neira, Mohammad Amrillah mengungkapkan beberapa permasalahan lainnya. Diantaranya adalah areal sisi udara dan sisi darat sebagian besar adalah rawa-rawa sehingga sangat sulit dalam melalukan pekerjaan pemeliharaan.

Namun, dia mengungkapkan masalah yang paling penting adalah kurangnya SDM atau petugas bandara. Idealnya, setidaknya harus ada 50 pegawai. Namun saat ini Bandara Kufar hanya memiliki 14 pegawai termasuk Kasatpel Bandara Kufar.

"SDM disini sebenarnya sangat terbatas karena kalau di UU itu kan wajib memiliki lisensi, sedangkan kita sendiri honorer disini baru ada 2 orang, satu untuk Kasi Avsec, satu untuk AMC. Kalau kasatpel sendiri statusnya PNS dia lisensinya baru junior avsec tapi merangkap semua. Petugas Avis dia, petugas Avsec dia, petugas PKH dia, petugas administrasi dia, semuanya dia," ujarnya.

Padahal seharusnya, untuk satu mesin X-ray saja idealnya ditangani oleh 5 orang petugas. Kemudian setiap pintu dan apron harus ada petugas yang berjaga.

"Terus harus berlisensi, karena untuk contoh untuk avsec saja x-ray 1 harus 5 orang, kalau sudah nambah lagi x-ray kabin harus 5 lagi sudah 10 orang. Sedangkan yang sekarang existing cuma 5 orang dan tidak berlisensi. Avsec hanya 6 orang yang berlisensi hanya 1 orang, jadi sangat terbatas," ujarnya.

Dia menambahkan, banyak hal lainnya yang masih perlu penambahan. Baik yang bersifat sarana dan prasarana maupun yang bersifat kontruksi. Salah satunya adalah perpanjangan runway dan runway strip serta pengisian avtur atau bahan bakar pesawat. "Paling utama itu catu daya listrik dulu sama alat telekomunikasi yang penting, sama penambahan SDM nih. Kalau yang untuk kontruksi bisa bertahap," ujarnya.

Bandara Kufar beroperasi pukul 06.00 hingga pukul 14.00 WIT. Penerbangan saat ini baru 4 kali dalam seminggu yaitu Selasa, Rabu, Kamis dan Sabtu melayani rute Kufar-Ambon.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com kalo berita kurang lengkap buka link disamping https://ift.tt/2FRbfXG

No comments:

Post a Comment