Pages

Friday, March 1, 2019

Kelebihan dan Kekurangan Asus Zenfone 5 ZE620KL, Smartphone Paling Dicari

Liputan6.com, Jakarta Asus Zenfone 5 versi 2018 telah mendulang kesuksesan, sama seperti seri sebelumnya. Kali ini, Asus menyasar pasar kelas midrange di kisaran harga Rp 4 jutaan pada awal kemunculannya.

Zenfone 5 ini bisa dibilang dibekali dengan fitur-fitur kelas premium. Pasalnya Zenfone 5 juga menawarkan fitur dan spesifikasi lebih canggih.

Ada tiga produk di seri Asus Zenfone 5, yakni Asus Zenfone 5 ZE620KL, Asus Zenfone 5Z ZS620KL, dan Asus Zenfone 5Q ZC600KL. Ketiga seri ini menawarkan kualitas kamera yang tergolong baik lengkap dengan berbagai kelebihan di tiap serinya.

Berikut kelebihan dan kekurangan Asus Zenfone 5 ZE620KL yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (1/3/2019).

Kabur 4 Tahun, Pencuri Bercelana Dalam Tertangkap

Tutup Video

Kelebihan Asus Zenfone 5 ZE620KL

1. Performa untuk Gaming

Kelebihan Asus Zenfone 5 ZE620KL yakni performa Snapdragon 636 rasanya sudah tidak perlu diragukan lagi. Untuk kelas menengah, chipset ini terbilang cukup mumpuni digunakan untuk gaming. Meskipun tidak sekencang Snapdragon 660, tetapi performa Snapdragon 636 tergolong lumayan.

Performa Snapdragon 636 di Asus Zenfone 5 ZE620KL ini kurang lebih sama dengan performa Asus Zenfone Max Pro M1 atau Xiaomi Redmi Note 5. Bahkan nilai Antutu-nya tergolong sedikit mendekati performa Snapdragon 660. Nilai 120 ribuan yang didapatkan smartphone ini tidak lepas dari peranan AI Boost, sebuah teknologi AI yang berfungsi meningkatkan performa ponsel.

2. Kamera

Pada bagian kamera, smartphone ini mengusung kamera ganda 12 MP + 8 MP di bagian belakang. Kamera ini dilengkapi dengan fitur AI yang tergolong cukup baik.

Dengan sensor Sony IMX363, kamera belakang mampu menangkap gambar dengan kualitas baik. DxOMark, situs yang memberikan rating kamera, memberi skor kamera ini dengan nilai 90.

Nilai yang tergolong memuaskan untuk sebuah ponsel di kelas harga Rp 3,5 jutaan. Terlebih kamera ini sudah dilengkapi dengan AI Scene Detection ditambah dengan berbagai efek seperti foto untuk efek bokeh, Panorama, Slow Motion, Beauty dan sebagainya.

3. Kualitas Layar

Asus Zenfone 5 ini hadir mengusung layar 6,2 inci dengan resolusi full HD+ 1080 x 2246 piksel. Layarnya menggunakan panel IPS. Smartphone ini hadir dengan notch yang tentunya bisa dipilih untuk bisa disembunyikan atau ditampilkan.

Asus Zenfone 5 yang mengusung panel IPS ini mampu menampilkan tampilan warna yang cerah dan lebih hidup. Layar Asus Zenfone 5 memang bukan OLED, tetapi layarnya sudah tergolong baik dalam menampilkan konten visual beresolusi tinggi.

4. Desain Bodi

Asus Zenfone 5 ini dibalut dengan desain body berbingkai logam dengan lapisan kaca di bagian belakang. Lapisan kaca ini membuat tampak terlihat lebih cerah dan terasa lebih mahal.

Tidak ada kesan plastik dan murahan sama sekali dengan bodi smartphone ini. Dengan kombinasi layar yang menampilkan visual yang indah serta bodi metal berlapis kaca yang terkesan mewah, membuat Asus Zenfone 5 adalah smartphone yang tidak cuma memberi gimmick desain.

5. NFC

Asus Zenfone 5 memiliki fitur lengkap, bahkan tergolong lengkap dibandingkan smartphone Rp 3,5 jutaan lainnya. Sebut saja fitur NFC yang sekarang sudah banyak dicari orang.

Fitur lainnya adalah sensor smartphone ini yang tergolong lengkap. Semua sensor yang dibutuhkan sebuah smartphone berkelas hadir di sini, minus Pressure Sensor dan Temperature Sensor.

Fitur lainnya yang ditawarkan oleh Asus Zenfone 5 adalah kelengkapan konektivitas seperti 4G LTE, WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.0, dan tentu saja GPS.

Asus Zenfone 5 ini juga punya fitur yang penting, yakni fitur untuk menghadirkan kualitas suara panggilan yang baik yang disebut noise canceling. Dengan banyaknya fitur tersebut, wajar jika Asus Zenfone 5 tergolong memiliki keunggulan sebagai smartphone kelas menengah.

Kekurangan Asus Zenfone 5 ZE620KL

1. Slot Hybrid

Hal yang sangat disayangkan dari Asus Zenfone 5 adalah penggunaan slot SIM hybrid. Artinya, smartphone ini hanya memungkinkan digunakan dengan satu slot SIM + microSD.

Ataupun menggunakan dua slot tersebut tanpa menambahkan microSD. Slot SIM hybrid selalu jadi kekurangan bagi pengguna di Indonesia yang memiliki dua kartu SIM dan ingin menambah memori eksternal.

2. Kamera Depan

Asus Zenfone 5 ZE620KL dibekali dengan kamera depan 8 MP. Kamera depan ini sudah dilengkapi dengan fitur AI untuk mempercantik hasil selfie.

Hasil selfie di kamera smartphone ini sebenarnya tergolong baik. Hanya saja, di kelas harga Rp 3,5 jutaan, banyak pesaing yang lebih menawarkan kamera depan dengan spesifikasi lebih tinggi.

3. Fingerprint Scanner

Asus Zenfone 5 ZE620KL memiliki masalah yang sebenarnya simpel. Masalah tersebut adalah soal fingerprint sensor.

Bukan masalah krusial, hanya soal sensor sidik jari yang terasa kurang optimal. Terkadang respon sensor sidik jarinya kurang begitu cepat.

4. Daya Tahan Baterai

Asus Zenfone 5 ZE620KL dibekali baterai berkapasitas 3.300 mAh. Smartphone ini bisa bertahan dalam 12 jam 9 menit dalam pengujian PC Mark Vide.

Sementara untuk pengujian video loop test, smartphone ini dapat bertahan sampai 12 jam lamanya. Asus membenamkan fitur bernama PowerMaster untuk optimalisasi baterainya. Ada juga fitur SmartCharging untuk optimalisasi pengisian daya. Sayangnya, pengisian daya baterai ini masih terasa lambat.

Karena masalah inilah, soal baterai ini bisa dibilang masih jauh dari sempurna. Daya tahan baterainya masih tergolong cukup. Sayangnya karena banyaknya gimmick fitur, membuat daya tahan baterai terkesan biasa, termasuk untuk urusan pengisian daya.

5. Fitur AI Masih Kurang Maksimal

Ada banyak fitur AI (Artifical Intellegence) di Asus Zenfone 5 ZE620KL, tidak hanya di kamera tetapi juga untuk sistem, hardware, bahkan untuk baterainya. Sayangnya, AI pada Asus Zenfone 5 masih tergolong kurang maksimal.

AI pada smartphone ini masih terkesan nanggung. Memang, AI cukup bagus dan optimal di sektor kamera belakang, tetapi untuk sektor lainnya terasa tidak terlalu berpengaruh atau bermanfaat.

Lanjutkan Membaca ↓

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com kalo berita kurang lengkap buka link disamping https://ift.tt/2NATtKB

No comments:

Post a Comment