Pages

Tuesday, February 26, 2019

Buntut Panjang Silat Lidah Kepala Desa Kampanyekan Jokowi

Liputan6.com, Garut Aksi silat lidah Kepala Desa Cimareme, Kecamatan Banyuresmi, Garut Jawa Barat, yang mengkampanyekan Jokowi dalam sebuah video tengah hangat dibicarakan masyarakat Garut saat ini.

Dalam video berdurasi 37 detik yang menyebar melalui Whatsapp itu, terlihat dengan sengaja ia merekam pernyataan itu dan mengajak masyarakat untuk memilih capres Joko Widodo (Jokowi) dalam Pilpres 17, April mendatang.

Kepala Divisi Penindakan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Garut, Asep Nurjaman mengatakan, sejak pertama kali mendapatkan postingan video itu Kamis (21/2/2019) lalu, lembaganya langsung melakukan pembahasan keesokan harinya di Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu) dengan melibatkan Kepolisian, Bawasalu, dan Kejasaan Garut.

“Hasilnya memerlukan pengkajian secara dalam melalui klarifikasi. Dan itu akan kami agendakan minggu ini,” ujarnya, Selasa (26/2/2019).

Menurutnya setiap aduan yang berkaitan dengan pidana pemilu, langsung mendapatkan perhatian bersama di sentra Gakumdu. Sehingga keputusan yang dihasilkan merupakan suara bulat ketiga lembaga itu. “Harus ditandandatangani tiga unsur itu,” ujar dia menegaskan.

Dalam prakteknya, setiap aduan persoalan pemilu harus melalui beberapa tahapan, mulai pengumpulan bahan dan pembahasan formal material. “Untuk kasus ini tiga unsur sepakat dilakukan tindak lanjut penyelisikan klarifikasi, rencanya minggu ini sekitar Rabu ke depan kita agendakan (klarifikasi),” ujarnya.

Asep mengatakan, hasil pengujian sementara diketahui, jika pelaku dalam video itu adalah  Jajang Haerudin, Kepala Desa Cimareme, Kecamatan Banyuresmi. “Secara aturan dilarang, pasal yang disangkakan 280, sanksinya itu pasal 490. Jika benar terbukti formal materil 1 tahun kurungan dan denda 12 juta,” ungkap dia menjelaskan.

Seperti diketahui, dalam video berdurasi 37 detik itu. Kepala Desa Cimareme, Kecamatan Banyuresmi, Jajang Haerudin, dengan dandanan kemeja warna putih lengkap pin pejabat desa di sebelah kiri, dengan setelan celana warna hitam, nampak sengaja melakukan perekaman. Bahkan diakhir pernyataan, terdengar orang lain dalam video itu, menjawab pernyataan Kepala Desa dengan ungkapan “Hidup nomor satu,”.

Cuplikan Lengkap Video

Berikut video lengkap Kades Cimareme yang tengah diperbincangkan itu. “Asalamu alaikum warohmatullohi wabarokatuh, kaum muslimin walmuslimat dimana pun saja anda berada,

Saya Jajang Haerudin, Kepala Desa Cimareme, menghimbau sekaligus mengajak, untuk memilih presiden republik Indonesia nomor urut satu bapak insinyur Joko Widodo untuk melanjutkan pembangunan program berikutnya.

Terima kasih, asalamu alaikum warohmatullohi wabarokatuh. Jangan lupa, 17 April pilih insinyur Joko Widodo untuk presiden republik Indonesia tercinta, hidup nomor satu,”.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com kalo berita kurang lengkap buka link disamping https://ift.tt/2VgWQZC

No comments:

Post a Comment