Pages

Friday, November 9, 2018

Mengenal Pahlawan di Balik Proklamasi Kecil Kemerdekaan RI di Gorontalo

Hal ini disampaikan salah satu putranya, Yos Wartabone yang juga merupakan saksi hidup yang melihat langsung perjuangan ayahnya melawan penjajah Belanda, saat disambangi Liputan6.com. Dia mengatakan bahwa perjuangan ayahnya bukan merupakan sebuah dongeng belaka melainkan ini bagian dari sejarah kemerdekaan Indonesia.

"Tanggal 23 Januari 1942 atau dua tahun sebelum Indonesia merdeka, masyarakat Gorontalo itu berhasil mengusir penjajah yang dipimpin langsung oleh ayah saya dan sampai dengan saat ini ia dikenal dengan Pahlawan Nasional dan hari kemerdekaan itu dikenal dengan Hari Patriotik," ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa ayahnya bisa mengusir penjajah hanya dengan senjata tradisioanal. "Yang dipakai ayah saya waktu itu hanyalah sebuah tombak dan pedang, peralatan seadanya, tetapi dengan kegigihan dan usaha, mampu menumpas penjajah yang saat itu bersenjata lengkap," tambah Yos.

Konon, Nani Wartabone memiliki bermacam kekuatan yang saat itu membentengi dirinya saat berada dalam medan pertempuran.

"Nani Wartabone dikabarkan bisa menghilang, bisa menjadi benda apa saja yang dia mau seperti berubah menjadi pohon besar, bahkan menurut cerita sejarah bahwa Bapak Nani Watabone pernah lolos beberapa kali percobahan pembunuhan seperti contoh kala itu Nani Wartabone ditangkap dan akan ditembak mati, namun entah ada hal gaib apa seluruh senjata belanda itu tidak meledak," ungkap Abdullah Pakaya, seorang saksi sejarah.

Kemudian, Nani Wartabone juga pernah diikat kaki dan tangannya menggunakan tali lalu dikerek dengan mobil, tetapi para penjajah Belanda tidak mampu menarik tubuh Nani Wartabone. "Hingga akhirnya Belanda tunduk dan meninggalkan Gorontalo," Abdullah menandaskan.

Simak video pilihan berikut ini:

Bung Tomo adalah pahlawan yang terkenal karena peranannya dalam membangkitkan semangat rakyat untuk melawan kembalinya penjajah Belanda. Berikut bintang.com menampilkan profil bung Tomo. Simak dan saksikan!

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com kalo berita kurang lengkap buka link disamping https://ift.tt/2yZq6eO

No comments:

Post a Comment