Pages

Wednesday, October 31, 2018

Catat, Ini Alasan Jendela Pesawat Wajib Dibuka Saat Terbang dan Mendarat

Tak hanya untuk mematikan ponsel, pramugari juga kerap mengingatkan penumpang untuk membuka penutup jendela, melipat meja serta meluruskan sandaran kursi ketika pesawat akan lepas landas. Mungkin banyak dari kalian yang bertanya-tanya untuk apa hal tersebut dilakukan?

Nyatanya hal ini merupakan salah satu bagian dari prosedur standar darurat untuk menjaga keamanan dan keselamatan penumpang. Berdasarkan keterangan FAA (Federal Aviation Administration), dalam keadaan darurat penumpang hanya memiliki total waktu sekitar 90 detik saja untuk menyelamatkan diri.

Dalam waktu yang sangat singkat tersebut, penumpang tak akan memiliki waktu untuk sekedar menegakkan sandaran kursi.

Sementara alasan penutup jendela harus selalu dibuka ketika pesawat hendak lepas landas dan mendarat adalah untuk memudahkan awak kabin untuk melihat situasi di luar dari jendela pesawat.

Sebagai contoh, jika terjadi kerusakan sayap maupun mesin pesawat penumpang atau awak kabin bisa dengan mudah menyadarinya dan dengan sigap melakukan proses evakuasi. Ada baiknya mulai sekarang kalian mematuhi aturan tersebut ketika menaiki pesawat demi keselamatan diri ya. 

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com kalo berita kurang lengkap buka link disamping https://ift.tt/2RtfFXT

No comments:

Post a Comment