Pages

Sunday, March 17, 2019

3 Beda Ma'ruf Amin Vs Sandiaga Uno, dari Penampilan hingga Medsos

Akun @sandiuno, yang sudah mendapatkan centang biru sebagai tanda akun terverifikasi Twitter untuk pesohor yang punya banyak pengikut, sudah aktif sejak 2010. Tak mengherankan, pengikut @sandiuno sudah mencapai 1,25 juta warga Twitter. Jumlahnya tiga kali lipat di Instagram.

Jumlah pengikut akun media sosial Ma'ruf Amin kalah jauh. Pengikut di Twitter masih belasan ribu, sedangkan di Instagram jumlahnya hampir mencapai 40.000.

Menurut peneliti Komunikasi Digital Dwi Aini Bestari, ketimpangan di dunia maya tidak mengherankan karena Sandi memang sudah lebih lama mengelola akun-akunnya dibandingkan Ma'ruf.

"Ma'ruf Amin terlihat baru aktif di sosial media setelah mencalonkan diri, dia baru join 2018," kata lulusan Universitas Utrecht, Belanda, ini

"Tak cuma itu, Sandi juga sudah lebih aktif sejak kampanye sebelumnya ketika jadi calon wakil gubernur."

Sesuai segmen yang disasar, Sandi dinilai lebih interaktif dengan para pengikutnya. Topik-topik yang digadang oleh Sandi tak jauh-jauh dari kewirausahaan.

Ia berpendapat Ma'ruf juga berusaha menyasar isu yang sama, hanya saja bahasa dan pendekatannya lebih informatif ketimbang interaktif. Itu membuat Sandiaga Uno lebih tenar di media sosial.

Konten-konten yang disajikan di media sosial Sandiaga Uno terlihat dipersiapkan matang oleh tim di belakangnya.

"Dia banyak memakai konten video, di lanskap media sosial Indonesia, itu yang paling mudah menggaet perhatian pengguna."

Video punya keunggulan dalam menyampaikan pesan karena lebih menarik dan mudah dipahami dibandingkan konten dalam bentuk tulisan.

Nilai tambah dari video-video itu adalah penampilan Sandi yang penuh percaya diri di depan kamera. Dia kerap memegang sendiri kameranya, seperti membuat vlog.

"Walau Sandi juga tidak mungkin membuat sendirian, tapi ada rasa percaya bahwa ini keluar dari pikirannya sendiri karena masih ada rasa kedekatan."

Kolaborasi atau interaksi dengan para pesohor dunia maya, misalnya YouTuber, diterapkan oleh kedua kandidat.

Selebgram dan YouTuber Ria Ricis pernah membuat video bersama Jokowi dan baru-baru ini muncul di video yang diunggah Sandi. Pekan ini, Sandi hadir di vlog komika Pandji Pragiwaksono berjudul "Sandiaga Uno Menjawab Semuanya".

Dalam video berdurasi 38 menit dalam format ngobrol santai, Sandi menjawab berbagai pertanyaan. Format vlog adalah salah satu cara yang marak dipakai untuk mencuri hati orang-orang yang sering berselancar di dunia maya.

"Ketika ada di vlog, mereka enggak hardselling."

Sandi juga punya ciri khas dalam membuat konten. Tak melulu soal program kerja, dia berusaha mencampurkannya dengan kehidupan pribadi sehingga tidak membosankan.

Ma'ruf Amin tidak seaktif Sandi dalam kolaborasi bersama YouTuber, tapi bukan berarti nihil.

Empat hari lalu, YouTuber nomor wahid di Asia Tenggara Atta Halilintar mengunggah fotonya bersanding dengan sang pemuka agama. Atta melengkapinya dengan ucapan selamat ulang tahun untuk Ma'ruf yang baru menginjak usia 76 tahun.

"Kedua kubu sangat terlihat berusaha mencuri hati milenial," jelas dia.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com kalo berita kurang lengkap buka link disamping https://ift.tt/2VYmiUi

No comments:

Post a Comment